Yuk Buat paspor!

Sebenernya niatan buat paspor ini udah muncul sejak saya magang di Excellent, waktu itu pak bos Vavai menyuruh buat para tim Excellent yang belum punya paspor buat bikin paspor, karena saya masih termasuk anak magang yang magangnya cuma sebentar jadi saya tidak ikut andil, sebelumnya saya juga sempet mikir “buat apaan si bikin paspor gini hari -,-, pasti gak bakal kepake juga”. Dan di pertengahan tahun 2018 saya iseng memasukkan paper saya di salah satu acara open source, tepatnya openSUSE Asia Summit 2018, and my paper is accepted, wow, impossible, padahal niatnya cuma nyoba aja, ternyata saya dikasih kesempatan untuk mendongeng disana :D. Disitu saya mulai kocar kacir, sempet bikin kecewa pak Estu sama pak Edwin karena saya belum punya paspor, mana disitu saya mau balik ke Solo buat masuk kuliah lagi, dan setelah tanya – tanya sama team Excellent, ternyata bikin paspor itu gampang dan simpel, asal tau alur dan apa aja yang dibawa pas kesana. Oke kita sudahi basa – basi unfaedah ini dan lanjut.

Persiapan

Setelah saya bertanya – tanya sama om Ahmad ternyata persiapan buat paspor itu gak seribet yang dibayangin berikut beberapa persyaratan yang harus di bawa ketika ke kantor Imigrasi

  1. KTP yang masih berlaku
  2. Kartu keluarga asli
  3. Akte kelahiran asli
  4. Surat keterangan dari kantor(opsional),kalau saya kemarin pakai Kartu Mahahsiswa

NOTE jangan lupa itu semua di foto copy ya

Daftar online

Sepengalaman saya membuat paspor di Jakarta itu, kita harus mengantri secara online yang aplikasinya bisa didownload disini. setelah kita mendownload aplikasi tersebut maka tampilannya akan seperti berikut : 

Tampilan awal aplikasi (1)
Tampilan awal aplikasi (2)
Tampilan login setelah mendaftar dengan KTP 
Tampilan setelah login

Ketika kita telah mengambil antrian secara online kita tinggal datang ke kantor imigrasi untuk menukar nomor atau kode antrian online yang kita dapatkan. Setelah itu kita tinggal diwawancarai. Setelah diwawancarai oleh petugas kantor imigrasi kita tinggal membayar sesuai petunjuk yang diberikan oleh petugas agar paspor jadinya lebih cepat. Proses pembuatan paspor inii memakan waktu kurang lebih 3 – 7 hari. kembalilah untuk mengambil paspor. 

Selamat Mencoba 😀 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: