9 extensions GNOME terbaik versi saya

GNOME merupakan DE (Desktop Environment) terbaik pilihan saya setelah KDE, walaupun agak berat untuk ukuran DE yang ketika idle memakan banyak RAM dan terkenal bahwa GNOME 3 adalah DE yang berat, tapi saya santai saja karena RAM saya gede jadi ya santai :D. GNOME memiliki tampilan yang bisa dibilang asik dan indah,tapi asik dan indah itu menurut saya tidak akan muncul jika user GNOME tidak menambahkan beberapa extension GNOME yang keren – keren, karena tanpa extension ini GNOME adalah DE yang sedikit membosankan.

GNOME pada laptop saya versi 3.26.2 yang berjalan di openSUSE

Oke kita lanjut ke extension rekomendasi saya beberapa bulan terakhir ini, oiya sekedar info disini saya menggunakan openSUSE Leap 15.0 yang berjalan di atas mesin ThinkPad T460. Oke kita lanjut ke beberapa extension terbaik pilihan saya yang bisa diunduh pada halam berikut

  1. Dash to Dock 
    Dash to Dock, ya itulah namanya, dimana extension ini berguna agar dapat memindahkan Dock yang biasanya ketika kita menginstall DE GNOME 3 itu terdapat Dock disebalah kanan, ketika kita menginstall Dash to Dock ke extension GNOME kita maka dock dapat dipindahkan sesuka hati.  

  2. User Themes
    User Themes, GNOME tanpa User Themes tentu seperti nasi yang tidak ditambahkan apa – apa di nasi tersebut. Ya User Themes ini berfungsi agar tema di GNOME bisa diterapkan dengan mudah diterapkan, dan untuk temanya dapat diunduh di alamat berikut

    User Themes

  3. No Topleft Hot Corner
    Ini juga merupakan salah satu extension yang cukup membantu, karena di GNOME yang ter-install default pada openSUSE ini sendiri, jika arah pointer mouse diarahkan kearah pojok kiri maka akan langsung masuk kearah efek yang sedikit mengganggu, karena saya sendiri sering tidak sengaja mengarahkan pointer ke arah tersebut. Dan tentu saja extension ini sangat membantu menghilangkan efek tersebut :D.

    No Left Hot Corner

  4. Extensions
    Tanpa extensions ini mungkin kita akan bolak – balik ke pengaturan untuk menontaktifkan extension yang kadang belum terlalu kita perlukan. Ya fungsi extension ini adalah untuk menjadi jalan pintas agar kita dapat mengaktifkan atau menonaktifkan extension yang kita mau.

    extension yang sudah terinstall

  5. Refresh Wifi Connections
    Default-nya pada GNOME tida terdapat tombol untuk me-refresh Wifi, dengan extension ini hal tersebut dapat diwujudkan dengan menampilkan tombol refresh yang akan muncul ketika kita melihat jaringan yang tersedia. 

    Tampilan Refresh Wifi

  6. TopIcons 
    GNOME yang terdapat pada openSUSE Leap 15.0 ini adalah versi 3.26.2, yang mana system tray tidak akan mucul yang tempatnya biasanya terdapat di pojok kanan, itu sedikit meresahkan bagi saya, karena saya adalah pengguna aktif Telegram yang memakai Telegram Desktop di Laptop saya. Extension ini sangat berguna karena akan memunculkan system tray pada tempat semestinya.

    TopIcons

  7. Sound Input & Output Device Chooser
    Pada GNOME ketika konek dengan Bluetooth, memindahkan sumber suara di pengaturan itu memakan waktu yang cukup, maka extension ini membantu untuk cepat memilih input dan output suara yang akan keluar pada GNOME.
  8.  Simple Name
    Sesuai namanya, Simple Name akan menampilkan nama user pada panel GNOME di sebelah pojok kanan dengan nama user tersebut. Simpel tapi keren :D. Kayak MAC kan 😀 .

    Simple Name pada panel GNOME

  9. Dash to Panel
    Extension yang berguna untuk memindahkan aplikasi yang berjalan pada panel atas GNOME. Ya fitur ini sangat fungsional 😀 seperti ini jadinya tampilannya :

    Tampilan pengaturan Dash to Panel

 

 

Semoga bermanfaat, sekian.

Sumber : https://www.gnome.org/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *